Menu

Herbalin Aja

Subtitle

Apa yang perlu diketahui tentang nyeri tulang rusuk selama kehamilan

Wanita sering mengalami berbagai gejala tidak nyaman selama kehamilan. Salah satu keluhan umum adalah nyeri tulang rusuk, yang memiliki beberapa kemungkinan penyebab yang bervariasi menurut trimester.
Dalam kebanyakan kasus, penyebab nyeri tulang rusuk tidak berbahaya. Janin yang tumbuh sering menyebabkan rasa sakit dan nyeri di sekitar tulang rusuk karena posisi mereka di dalam rahim. Lebih jarang, komplikasi medis dapat menyebabkan nyeri tulang rusuk, jadi penting untuk mengetahui tanda-tanda peringatan.

Pada artikel ini, kita melihat apa yang dapat menyebabkan nyeri tulang rusuk dalam kehamilan, bagaimana menghilangkan rasa sakit, dan kapan harus ke dokter.

Penyebab dan trimester
Penyebab paling umum dari nyeri tulang rusuk selama kehamilan bervariasi menurut trimester. Pada bagian ini, kita melihat penyebab yang mungkin dan mengapa itu terjadi.

Tekanan dari janin yang tumbuh

Pada akhir trimester kedua dan trimester ketiga, rahim mengembang ke atas untuk mengakomodasi janin yang sedang berkembang. Saat janin semakin besar dan lebih besar, mereka mungkin mulai menekan tulang rusuk.

Membawa beban ekstra dari janin juga dapat menempatkan lebih banyak ketegangan pada otot-otot di sekitar perut, yang dapat, pada gilirannya, memberi tekanan pada otot-otot tulang rusuk, menyebabkan nyeri otot.

Nyeri ini biasanya ringan hingga sedang. Jika rasa sakitnya parah, yang terbaik adalah pergi ke dokter.

Posisi janin
Biasanya, mendekati akhir trimester kedua, janin berubah posisi dan terbalik sehingga kepala menghadap ke bawah dan kaki mengarah ke tulang rusuk.

Dalam posisi baru ini, janin dapat menekan tulang rusuk. Gerakan mereka juga mulai memengaruhi tubuh wanita. Gerakan lengan dan kaki mereka, terutama tendangan, dapat menyebabkan nyeri dan nyeri di tulang rusuk dan di tempat lain.

Seorang wanita hamil umumnya akan merasakan sakit iga jenis ini tepat di bawah payudara di sisi tempat bayi itu berada.
Nyeri ligamen bulat
Nyeri ligamentum bulat adalah keluhan kehamilan yang umum. Ligamen bundar adalah sepasang tali jaringan fibrosa yang menghubungkan bagian depan rahim ke selangkangan. Saat rahim tumbuh selama kehamilan, ia dapat menekan ligamen bundar, dan ini dapat menyebabkan rasa sakit yang tajam saat bergerak.

Nyeri ligamen bulat dapat terjadi kapan saja mulai dari awal trimester kedua dan seterusnya. Wanita mungkin merasakan sakit di sekitar tulang rusuk, punggung, atau panggul.

Batu empedu
Wanita hamil memiliki risiko lebih tinggi daripada orang lain untuk mengembangkan batu empedu karena meningkatnya kadar estrogen dan kesulitan mengosongkan kantong empedu.

Menurut sebuah penelitian, sekitar 12% wanita hamil akan mengalami batu empedu.

Batu empedu bisa menyebabkan atau tidak menimbulkan gejala. Ketika mereka melakukannya, orang biasanya mengalami rasa sakit di perut kanan atas.

Batu empedu dapat terjadi kapan saja selama kehamilan. Beberapa wanita mungkin memerlukan pembedahan untuk mengangkat mereka setelah kehamilan mereka.

Baca juga : Cara Mengobati Oligozoospermia

Infeksi saluran kemih


Wanita memiliki risiko yang lebih tinggi mengembangkan infeksi saluran kemih (ISK) ketika mereka sedang hamil, terutama selama trimester ketiga.

Kehamilan dapat mengubah bakteri di saluran kemih, dan wanita mungkin lebih sulit mengosongkan kandung kemih jika janin menekannya. Kedua faktor ini meningkatkan risiko ISK.

Tanpa perawatan, ISK dapat menyebabkan rasa sakit di ginjal, yang bisa terasa seperti sakit tulang rusuk.

Seseorang harus mengunjungi dokter jika mereka memiliki gejala berikut, karena mereka mungkin memiliki ISK:

sensasi terbakar saat buang air kecil
peningkatan frekuensi buang air kecil
aliran urin yang buruk
demam atau kedinginan
rasa sakit di kandung kemih atau dekat ginjal
Mulas
Selama kehamilan, tubuh memproduksi hormon yang disebut relaxin. Hormon alami ini bertanggung jawab untuk membantu otot dan ligamen mempersiapkan kelahiran.

Relaxin dapat menyebabkan rasa sakit di berbagai area tubuh, termasuk di sekitar panggul dan di bawah tulang rusuk. Nyeri ini kadang-kadang bisa disebabkan oleh mulas . Relaxin menyebabkan mulas karena melemaskan kerongkongan, tabung yang membawa makanan dari mulut ke perut, memungkinkan asam lambung naik lebih jauh dari biasanya.

Mulas dapat mulai sedini trimester pertama dan dapat berlangsung selama kehamilan.

Sembelit
Konstipasi menyebabkan sakit perut dan gerakan usus yang jarang atau tertunda yang bisa menjadi sulit ketika terjadi. Kadang-kadang, seorang wanita hamil mungkin merasakan sakit terkait sembelit di perut bagian atas, di bawah tulang rusuk.

Preeklampsia
Preeklampsia dan sindrom HELLP, yang dianggap dokter sebagai varian preeklampsia, adalah dua komplikasi yang dapat terjadi selama kehamilan dan menyebabkan rasa sakit di bawah tulang rusuk.

Nyeri kuadran kanan atas yang dapat menyebabkan preeklampsia dan sindrom HELLP adalah nyeri hati. Orang mengalami sakit hati dalam berbagai cara. Beberapa mengalaminya sebagai nyeri bahu, sementara yang lain merasa sakit di dekat garis bra, atau memiliki mulas yang serius yang tidak menanggapi antasid.

Preeklamsia dan sindrom HELLP terjadi pada trimester kedua dan trimester ketiga.

Tanda dan gejala termasuk:

protein dalam urin
tekanan darah tinggi
sakit kepala yang tidak berespons terhadap pengobatan
rasa tidak enak
kembalinya mual
mulas yang parah
kesulitan buang air kecil
bengkak di tangan dan wajah
kenaikan berat badan mendadak
gangguan visual, termasuk melihat bintik-bintik yang disebut eye floaters
nyeri di kuadran kanan atas perut
Preeklampsia dan sindrom HELLP adalah komplikasi kehamilan berbahaya yang dapat mengancam jiwa bagi wanita dan bayi. Masalah-masalah ini perlu perhatian medis segera.

Jika seorang wanita memiliki preeklamsia, dokter dapat merekomendasikan persalinan dini jika manfaatnya lebih besar daripada risikonya. Jika gejala seperti tekanan darah tinggi tidak hilang, wanita mungkin perlu minum obat tekanan darah setelah melahirkan.

Diagnosa

Seorang dokter akan sering melakukan pemeriksaan fisik untuk membantu mereka mendiagnosis penyebab nyeri tulang rusuk.

Mereka juga akan mengajukan pertanyaan tentang gejala-gejala wanita itu, kekhawatirannya, tanggal jatuh tempo, dan faktor-faktor lainnya. Dalam kebanyakan kasus, mereka akan memeriksa tekanan darah wanita itu.

Tergantung pada tahap kehamilan, dokter kemungkinan akan memantau janin untuk sementara waktu untuk memastikan bahwa detak jantung mereka konsisten.

Jika dokter mencurigai adanya ISK atau infeksi atau kondisi lain, mereka dapat meminta sampel urin. Jika mereka masih tidak yakin apa yang menyebabkan rasa sakit itu, mereka mungkin akan melakukan tes darah.

Cara meredakan nyeri iga
Beberapa rasa sakit tulang rusuk mungkin merupakan konsekuensi yang tidak terhindarkan dari bayi yang menekan atau menendang tulang rusuk. Dalam kasus ini, mandi air hangat dan obat penghilang rasa sakit, dengan persetujuan dokter, dapat membantu. Olah raga yang lembut juga seringkali dapat memerangi nyeri yang berhubungan dengan kehamilan.

Perawatan untuk sakit tulang rusuk tergantung pada penyebabnya. Misalnya, wanita dengan ISK dapat minum antibiotik untuk mengobati infeksi. Jika batu empedu adalah masalah, seorang wanita mungkin perlu operasi untuk mengangkatnya setelah melahirkan.

Langkah-langkah lain yang dapat dilakukan seorang wanita untuk mengobati nyeri tulang rusuk di rumah termasuk:

Berolahraga secara teratur dan lembut. Peregangan sangat bermanfaat. Wanita dapat mencoba beberapa latihan kehamilan menggunakan bola olahraga untuk meregangkan otot punggung dan dada. Pelajari lebih lanjut tentang berolahraga selama kehamilan di sini .
Menggunakan bantalan panas. Selama tidak terlalu hangat, bantal pemanas harus menjadi cara yang aman untuk menghilangkan rasa sakit selama kehamilan. Pelajari lebih lanjut di sini .
Berbicara dengan seorang chiropractor yang berspesialisasi dalam kehamilan. Mereka dapat menyarankan latihan, perubahan postur tubuh, dan cara-cara lain untuk meredakan nyeri muskuloskeletal.
Mencoba yoga . Yoga adalah cara yang lembut dan efektif untuk meregangkan otot dan persendian selama kehamilan. Peregangan ini dapat meringankan berbagai sakit dan nyeri, termasuk sakit punggung, tulang rusuk, dan sendi.
Mengenakan pakaian longgar. Pakaian ketat atau ketat dapat membuat kehamilan terasa lebih buruk.
Pandangan
Seperti banyak rasa sakit dan nyeri selama kehamilan, nyeri tulang rusuk adalah normal dan biasanya tidak memprihatinkan. Jika rasa sakit muncul bersamaan dengan gejala lain, seperti demam, tekanan darah tinggi, atau bintik-bintik di depan mata, seorang wanita harus mengunjungi dokternya sesegera mungkin.

Go Back

Comment

Blog Search

Blog Archive

Comments

There are currently no blog comments.